Begini Tanggapan Terkait Dua Panelis dari UNHAN

In Pemilu 2024, Politik

Pemilihan panelis untuk perumusan pertanyaan Debat Capres Ketiga telah ditetapkan oleh KPU. Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau kerap disapa Cak Imin menyatakan keberatannya dengan kehadiran dua panelis. Dua panelis tersebut adalah Laksaman TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio dan Dr. Kustanto Anggoro. Kedua panelis ini merupakan akademisi yang terpilih dari Unversitas Pertahanan (UNHAN).

Bagi Cak Imin, Kehadiran dua panelis dari UNHAN dianggap dapat menganggu jalannya objektivitas karena Universitas tersebut berada di bawah naungan dari Kementerian Pertahanan yang mana Menteri Pertahanannya dijabat oleh Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Ketua Umum PKB ini berpendapat kepada KPU untuk bisa mengganti dua panelis agar diharapkan debat ketiga dapat berjalan secara objektif.

Berbeda dengan wakilnya, Anies Baswedan malah tidak mempermasalahkan terkait dua panelis UNHAN tersebut. Dirinya berpendapat bahwa hal-hal yang nanti muncul dalam debat akan tetap direspons secara objektf.

Biar masyarakat yang menilai” ucap Anies di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, pada Jumat Malam (5/1/2024). Anies menyampaikan bahwa dirinya hanya berperan sebagai kontestan dan siap dengan semua yang harus dihadapi dan menyerahkan penilaian nanti kepada masyarakat akan jadi seperti apa.

Anies Baswedan (sumber: detiknews.com)

Hal serupa juga diutarakan Timnas AMIN. Juru Bicara Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena yakin bahwa kredibilitas pertanyaan dapat dijaga oleh para panelis dan tidak akan timbul hal yang tidak etis selama pelaksanaan debat nanti.

Billy pun menyampaikan bahwa KPU telah melakukan berbagai pertimbangan melalui banyak proses, baik proses seleksi hingga karantina. Pihaknya pun tidak mempermasalahkan kehadiran dua panelis UNHAN tersebut.

Sementara itu, Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD tidak mempersoalkan hal tersebut. Bagi dirinya, latar belakang panelis tidak menjadi suatu permasalahan sama sekali.

Enggak apa-apa, dari mana sajalah” Ujar Mahfud saat jumpa pers sewaktu berkunjung di Wisma Keuskupan Katedral, Jakarta, pada Kamis (4/1/2024).

KPU telah menetapkan 11 panelis untuk debat capres putaran ketiga yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (7/1/2024). Panelis akan menyusun pertanyaan terkait 4 tema utama yaitu,  Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik diikuti dengan 2 sub tema yaitu, Globalisasi dan Politik Luar Negeri.

Join Our Newsletter!

Love Daynight? We love to tell you about our new stuff. Subscribe to newsletter!

You may also read!

Koalisi AMIN Nyatakan Siap Dukung Hak Angket

Koalisi Perubahan yang terdiri dari NasDem, PKB, dan PKS sepakat untuk mendukung wacana hak angket yang diusulkan oleh Ganjar

Read More...

Prabowo Berencana Buat Kemenko Untuk Makan Siang Gratis

Prabowo-Gibran Berencana untuk membentuk Kementerian Koordinator khusus yang akan menangani program makan siang dan susu gratis. Rencana ini disampaikan

Read More...

Ganjar Usul Hak Angket Usut Kecurangan Pemilu, Anies Siap

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengusulkan untuk mengajukan hak angket oleh Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR. Usulan

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Verified by MonsterInsights