Beberapa Daerah Indonesia Lakukan Pemungutan Suara Ulang

In Pemilu 2024

Beberapa daerah di Indonesia kembali melakukan pemungutan suara. Pemungutan Suara Ulang (PSU) ini disebabkan karena ditemukan beberapa masalah oleh Bawaslu sehingga, mereka melayangkan surat rekomendasi untuk perbaikan.

Salah satunya, ada di Yogyakarta. Belasan TPS direncanakan akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) pada hari Sabtu mendatang (24/2/2024). Hal ini akan dilakukan setelah melakukan koordinasi dengan KPU kabupaten/kota.

Kalau PSU, kita tadi bahas kemungkinan tanggal 24 (Februari) karena kita berpikir pas hari libur juga.Untuk yang PSL, harinya juga sama. PSL itu karena pemilih yang kekurangan surat suara. Harusnya dia dapat lima suara tapi cuman diberi empat. Jadi tinggal meneruskan,” papar Ahmad Shidwi selaku ketua KPU DIY ketika ditemui wartawan pada hari Senin (19/2/2024).

Ketua Bawaslu DIY, Mohammad Najib merinci alasan rekomendasi atas penyelenggaraan PSU. Hal ini disebabkan karena ada orang yang tidak terdaftar sebagai DPT tapi, ikut memilih.

Ada pula pemilih yang mendapatkan suara tidak sesuai dan ada juga pemilih yang dapat lebih surat suara dari surat suara sejenis.

Pemungutan suara (sumber: infopublik.id)

Nusa Tenggara Timur juga akan melaksanakan PSU di 54 TPS yang tersebar pada hari Selasa (20/2/2024) sesuai rekomendasi Bawaslu. TPS tersebut tersebar di 13 Kabupaten di NTT.

Ketua Bawaslu NTT, Nonato da Purificacao Sarmento meyampaikan alasana dilakukannya PSU karena ada pelanggaran yang ditemui. Terbanyak ada pada pemilih pindahan dari luar daerah yang ikut memilih di TPS daerah lain tapi, diberikan lima surat suara.

Ada pula yang memiliki KTP Elektronik dari luar kabupaten atau provinsi, tapi tidak memiliki format A pindah memilih tetapi ikut menggunakan hak suara.

Selain kedua daerah tersebut, masih banyak TPS di daerah lain yang direkomendasikan Bawaslu untuk melakukan PSU dikarenakan temuan pelanggaran yang terjadi. Harapannya, tentu dengan penemuan pelanggaran ini, demokrasi pemilihan umum tahun ini dapat dipulihkan sedikit demi sedikit.

Join Our Newsletter!

Love Daynight? We love to tell you about our new stuff. Subscribe to newsletter!

You may also read!

Koalisi AMIN Nyatakan Siap Dukung Hak Angket

Koalisi Perubahan yang terdiri dari NasDem, PKB, dan PKS sepakat untuk mendukung wacana hak angket yang diusulkan oleh Ganjar

Read More...

Prabowo Berencana Buat Kemenko Untuk Makan Siang Gratis

Prabowo-Gibran Berencana untuk membentuk Kementerian Koordinator khusus yang akan menangani program makan siang dan susu gratis. Rencana ini disampaikan

Read More...

Ganjar Usul Hak Angket Usut Kecurangan Pemilu, Anies Siap

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengusulkan untuk mengajukan hak angket oleh Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR. Usulan

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Verified by MonsterInsights