Lanjut Sindir Gibran Setelah Debat Selesai

In Pemilu 2024, Politik

Serangan Gibran saat Debat Cawapres kemarin (21/1) cenderung berbalik arah. Paslon 01 dan 03, dengan pengalaman yang lebih banyak, mampu menangkal serangan yang diberikan oleh Gibran. Tak hanya itu, kedua paslon sepakat untuk menegur cawapres itu saat dan setelah debat. Apalagi, Gibran mengundang reaksi negatif dari banyak pihak akibat terlalu percaya diri dan debat serta dianggap tak terlalu menguasai materi.

Gibran disorot akibat aksinya saat debat. Sumber: TKN Prabowo – Gibran

Keputusannya untuk menarik-narik nama Tom Lembong dibalas oleh Anies. Capres 01 itu berkata bahwa mungkin terhadap pihak yang ‘kangen’ dengan konsultannya tersebut. Hal ini mengingat Lembong sebelumnya lama menjadi partner dari ayah Gibran, Jokowi, sejak jauh sebelum ia menjadi presiden. Hal yang sama juga diucapkan Lembong untuk menanggapi ucapan Gibran saat debat. “Saya deteksi sebuah rasa rindu mungkin karena saya tak di situ lagi untuk memberi masukan berkualitas” ujarnya.

Tak hanya itu, Anies juga sempat menyebutkan bahwa gimik atau ‘atraksi’ sebenarnya tak perlu banyak dilakukan. “Kalau substansinya kuat, tidak perlu banyak atraksi…kalau substansinya lemah harus ditutupi dengan atraksi” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Muhaimin mengucapkan hal yang senada, dan menambahkan bahwa aksi teatrikal yang dilakukan oleh pasangan calon malah dapat berdampak buruk bagi keberlangsungan program serta visi misi.

Kritik Anies terhadap Gibran tak berhenti di situ. Pada satu titik, Gibran dalam debat menyorot Muhaimin yang membahas isu lingkungan, padahal di mejanya terdapat botol plastik. Penggunaan plastik memang sedang dikritik karena susah diurai dan dapat meresap ke mana-mana. Namun, ujar Anies, timnya sudah membawa tumblr sendiri yang berbasis metal. Botol plastik yang terlihat di kamera merupakan properti yang disediakan oleh KPU selaku penyelenggara acara. “Mungkin bisikannya salah” ujarnya saat acara Desak Anies! di Yogyakarta.

Tak hanya Paslon 01, namun Ganjar dan Mahfud juga turut merespon aksi-aksi Gibran saat debat. Mahfud MD, yang kemudian menjadi sorotan karena menolak menjawab pertanyaan dari Gibran, mengatakan bahwa ada pihak dari tim paslon 02 yang meremehkannya. Mas Gibran itu dilatih agar gini biar mempermalukan saya” ujar Menkopolhukam tersebut. Ia memang menganggap pertanyaan Gibran soal greenflation itu berniat menjebak dan menggiring ke arah tertentu. Sedangkan Ganjar menyetujui aksi partnernya tersebut dan menjadikannya sebagai pembelajaran. “Saya melihat, oh iya ya, kadang-kadang pertanyaan itu tidak perlu dijawab ujar calon presiden dari PDIP tersebut.

Para capres dan cawapres akan kembali untuk terakhir kalinya pada tanggal 4 Februari 2024 untuk debat capres terakhir. Setelah itu, pemilihan umum nasional akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Join Our Newsletter!

Love Daynight? We love to tell you about our new stuff. Subscribe to newsletter!

You may also read!

Koalisi AMIN Nyatakan Siap Dukung Hak Angket

Koalisi Perubahan yang terdiri dari NasDem, PKB, dan PKS sepakat untuk mendukung wacana hak angket yang diusulkan oleh Ganjar

Read More...

Prabowo Berencana Buat Kemenko Untuk Makan Siang Gratis

Prabowo-Gibran Berencana untuk membentuk Kementerian Koordinator khusus yang akan menangani program makan siang dan susu gratis. Rencana ini disampaikan

Read More...

Ganjar Usul Hak Angket Usut Kecurangan Pemilu, Anies Siap

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengusulkan untuk mengajukan hak angket oleh Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR. Usulan

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu

Verified by MonsterInsights